PROGRAM TALENTA SENI DIGITAL & MEDIA di SMP INS
Digitalisasi telah merambah ke segala sendi kehidupan masyarakat. Sebagai generasi yang terlahir dalam dunia digital (digital native), ketrampilan komunikasi (digital) dan ekspresi (digital) siswa tentu harus dioptimalkan.
Seni Digital & Media adalah salah satu pilihan jurusan/bidang yang akan ditekuni siswa sejak masuk kelas 7 hingga lulus SMP, tanpa bisa berpindah bidang. Belajar sesuatu selama 3 tahun berkesinambungan, diharapkan memberi bekal skill dan pengetahuan, sesuai kompetensi dan minat siswa.
Ini program/kurikulum baru yang dicetuskan SMP the Indonesia Natural School mulai pada tahun ajaran 2024/2025. Kami menyebutnya Kurikulum Talenta. Ada 3 program/jurusan, yaitu 1). Seni Digital & Media; 2). Bunyi & Musik; 3). Programming.
Kurikulum tambahan TALENTA ini semata untuk mengakomodasi berbagai talenta siswa yang unik dan beragam, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kreatif, dan efektif. Talenta Seni Digital & Media untuk tahun ajaran 2024/25 ini diampu oleh Kak Kurniawan.
Untuk bisa memilih jurusan/bidang Seni Digital & Media ini, siswa harus memperlihatkan minat dan potensinya, melalui tes/assesment oleh tim talenta. Keputusan memilih ini harus dibicarakan matang oleh siswa dan orangtua. Supaya nanti keputusannya tidak disesali, sebab tidak dapat berpindah bidang/jurusan. Praktis setelah memilih talenta Seni Digital & Media, siswa tidak dapat mengikuti program lainnya yaitu Bunyi & Musik, atau Programming, yang berlangsung secara paralel di kelas berbeda.
Program ini merupakan penajaman dari mata pelajaran Art. Jika dalam Art, siswa belajar melukis di atas kanvas dengan cat minya/akrilik, sedangkan dalam mata pelajaran Seni Digital & Media, para siswa didorong untuk melukis memanfaatkan komputer dan software desain grafis, dengan hasil karya beragam, mulai karya lukisan, logo/brand, poster, display, promosi produk, desain kemasan, kampanye gagasan, maupun karya video/animasi.
Apa Jadinya Generasi Muda tanpa Pemahaman akan Teknologi Digital
Seni Digital & Media, adalah pengembangan talenta yang relevan dan penting untuk membekali siswa SMP INS dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses di dunia yang semakin terhubung dengan teknologi digital.
SMP the Indonesia Natural School berkeyakinan, bahwa ketrampilan Seni Digital & Media ini akan menjadi bekal berharga saat siswa di SMA (dengan banyak tugas presentasi visual), apalagi saat berkuliah. Ketertinggalan dalam ekspresi dan komunikasi dalam dunia IT/digital, tentu akan mempersulit siswa berprestasi dan berkarier.
MAKSUD & TUJUAN
Pengembangan talenta ini bertujuan membuat siswa memahami dasar-dasar teknologi saat ini, seperti penggunaan perangkat lunak desain grafis, editing video, dan animasi, yang menjadikan siswa memiliki keterampilan yang sangat berharga.
Kreativitas dan Ekspresi Diri
Meningkatkan kreativitas siswa, belajar untuk mengekspresikan ide-ide mereka dengan cara visual dan audio yang menarik, yang tidak hanya penting dalam seni tetapi juga dalam komunikasi modern yang lebih visual seperti media sosial.
Persiapan untuk Karir di Industri Kreatif
Industri kreatif, termasuk desain grafis, animasi, dan multimedia, terus berkembang pesat. Mempelajari dasar-dasar grafis dan multimedia di jenjang SMP dapat memberikan siswa keunggulan awal dalam mempersiapkan karir di bidang-bidang ini di masa depan.
Penggunaan Media dalam Pembelajaran
Metode pengajaran yang menggunakan media visual dan multimedia telah terbukti lebih efektif dalam memfasilitasi pembelajaran aktif dan interaktif. Belajar grafis dan multimedia dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan.
Peningkatan Literasi Digital
Memahami dasar-dasar grafis dan multimedia membantu meningkatkan literasi digital siswa. Mereka tidak hanya menjadi konsumen teknologi digital, tetapi juga dapat menjadi pembuat konten yang cerdas dan bertanggung jawab.
Kolaborasi dan Pembelajaran Berbasis Proyek
Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk membuat proyek multimedia bersama-sama. Ini tidak hanya mengembangkan keterampilan kolaborasi, tetapi juga memungkinkan mereka untuk belajar dari sudut pandang yang berbeda dan memperkuat pemahaman mereka melalui diskusi dan refleksi.
CAPAIAN yang Diharapkan, siswa:
- Memahami prinsip-prinsip dasar desain grafis seperti tata letak, kom posisi, warna, dan tipografi.
- Memahami penggunaan berbagai media dalam presentasi digital seperti teks, gambar, suara, dan video.
- Memiliki kemampuan mengolah ide dalam bentuk audio maupun visual yang diaplikasikan menjadi media cetak maupun rekam.
- Memahami dan dapat mengaplikasikan pengetahuan dasar grafis dan multimedia
- Memahami penggunaan perangkat lunak grafis dan multimedia untuk mengedit dan membuat gambar dan grafis.
- Memahami pentingnya menghormati hak cipta dan prinsip etika dalam penggunaan gambar, musik, dan konten digital lainnya.
- Mengembangkan proyek-proyek kreatif sederhana yang menginte grasikan keterampilan desain grafis dan multimedia yang telah dipelajari.
MODUL & ALUR AJAR
Semester ke-I
- Teori dan pengetahuan dasar grafis dan multimedia
- Komputer grafis dasar, pengenalan aplikasi dan tools
- Praktik dasar komputer grafis (shape, celtics dll)
Semester ke-II
- Teori warna
- Additive dan subtractive color
- Proses Moodboard, pixelate dan color palet
- Pengaplikasian prinsip dan unsur desain
- Membuat sign system dan pictogram
Semester ke-III
- Ilustrasi
- Vector & bitmap
- Digital drawing (Vector, simple illustration, book illustration dll)
- Digital Painting
- Animasi
Semester ke-IV
- Video Editing
- Motion
- Animasi
Semester ke-V
- Desain corporate
- Desain Interaktif
- Persiapan Tugas Akhir
Semester VI
- Tugas Akhir Talenta
FASILITAS
- Ruang studio grafis & multimedia
- Lokakarya bersama pengajar/mentor tamu
PERANGKAT SISWA
- Laptop (oleh siswa) yang mensupport desain atau iPad
- Pen tablet (jika menggunakan iPad, pen tablet tidak dibutuhkan)
- Mouse / tetikus
- Aplikasi adobe (khusus pelajar)
- Sketch note / sketch book kecil
- Earphone atau headphone
(Indrawan Miga/Tim Kurikulum)