VISI
MELANGSUNGKAN PENDIDIKAN MENENGAH UNTUK MEMPERKUAT KONSEP DIRI DAN POTENSI KECERDASAN SESUAI MINAT DAN MEMBANGUN KESADARAN BERBANGSA DI TENGAH INTERAKSI GLOBAL
Learning Style Analysis & Interest Curiosity Based Learning
Selamat datang di The Indonesia Natural School – Junior High, Sekolah SMP INS yang berada di Kota Depok, yang didirikan dengan komitmen untuk membekali siswa mencintai negeri ini dan bersiap menjadi warga global yang membanggakan, dengan karakter yang sesui dengan nilai-nilai dan inovasi menuju Indonesia Emas 2045.
Proses patut dan selaras akan menjadi ketahanan dan diferensiasi yang menguatkan.
Makna Logo
POHON
Pohon menjadi sumber kehidupan manusia. Penyelamat lingkungan dan sumber kekekalan energi.
Pohon pengetahuan atau pohon kehidupan yang menjadi analogi sebuah proses perjalanan yang harus dipanjat mencapai puncak, melalui perjalanan yang menanjak mendaki, agar terlatih untuk bekerja sungguh sungguh dan kuat. Pohon pula yang selalu menunaikan perannya dengan setia seperti yang diamanahkan Sang Kholik agar menjadi peneduh dan pemberi manfaat bagi kehidupan. Allah SWT telah membagi peran dengan sempurna dan saling menguatkan.
Siluet Manusia Berbagai Warna
Menggambarkan wacana perkembangan manusia yang fitrah, dengan perbedaan minat, potensi, karakter, gaya belajar yang beragam . Ragam warna menunjukkan perbedaan dan kebhinekaan yang dinamis. Ragam warna juga memiliki makna yang penuh nilai-nilai kebaikan.
TUJUH SILUET
Mendasarkan pada Ummul Quran yang 7 ayat, langit ke 7, tujuh pintu surga, tujuh kali putaran thowaf di Ka’bah Tujuh lapisan tanah, 7 warna pelangi, 7 benua, 7 hari dalam seminggu.
Siluet Peta Nusantara
Mewujudkan kecintaan pada tanah air yang harus dijaga perbedaan dan kelangsungan Pancasila sebagai Dasar Negara dan pemersatu bangsa.
Warna Hijau pada teks Natural
Bermakna kepedulian pada lingkungan alamiah yang menjadi contoh dan penyeimbang kehidupan yang serba cepat perubahannya, dan penegasan Natural School sebagai pembelajaran bersama alam.
Allah SWT memberikan nilai-nilai dan ilmuNya melalui pemaknaan di alam semesta.
MISI
- Menyelenggarakan Sekolah Menegah Pertama berbasis Kecerdasan Majemuk dan Pembelajaran Minat (Multiple Intelligent & Interest Curiosity Based Learning)
- Memberi pembelajaran sesuai Kurikulum Nasional dengan pengayaan dan pendalaman sesuai minat siswa
- Menyediakan sarana untuk perkembangan kognitif, sikap (afektif- psikomotorik) dan melatih keterampilan hidup secara mandiri (life skill), dan pertumbuhan sosial emosi pada anak masa pubertas (umur 12-16 tahun)
- Mengembangkan proses belajar yang dilangsungkan dengan kepedulian dan pencermatan pada masyarakat bangsa pada penguatan humanisme dan multikultur
- Mempraktikkan proses pembelajaran aktif yang mendorong sikap belajar sesuai gaya dan karakteristik siswa
- Merealisasikan pemerdekaan pendidikan dengan semangat kebangsaan, demi menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap diri dan lingkungan yang beragam/majemuk
- Menggali konsep diri sebagai anak bangsa yang mempelajari secara terus-menerus sejarah, kekayaan alam, dan budaya negeri serta nilai-nilai ke-Indonesiaan
- Memberi wawasan dan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan paradigma baru pendidikan dengan seluas-luasnya berjejaring dengan dunia kependidikan Internasional
- Mewujudkan kredo RUMAH PENDIDIKAN KARAKTER INDONESIA
Makna Nama Sekolah:The Indonesia Natural School
Indonesia: Setiap anak bangsa penting dan harus memahami keIndonesiaan secara mendasar, bukan hanya sumber daya alam, melainkan sumber daya manusianya bagi penguatan bangsa di masa mendatang. Setiap siswa masa kini adalah pemimpin Indonesia masa depan.
Natural: Proses belajar sesuai fitrah, sesuai tahapan, minat dan kesiapan dan potensi diri. Natural juga berarti alamiah, baik lingkungan belajar maupun proses pembelajaran pada ranah kognitif, afeksi dan motorik.
Nama sekolah menggunakan bahasa Inggris, adalah sebagai pengingat dan penanda, bahwa dunia ini sudah menjadi big village. Karena itu perlu mempersiapkan siswa menjadi warga dunia, bukan hanya pada kompetensinya, melainkan pada kesiapan jati diri yang bangga pada apa yang dimiliki dan siap meluaskan jejaring di ranah global
Komitmen dan Prinsip
- Bahwa pendidikan adalah proses panjang meninggikan kemanusiaan manusia
- Mewujudkan wajib belajar 9 tahun untuk memaksimalkan proses belajar secara patut dan menyenangkan
- Mengakomodasi perbedaan gaya belajar yang berbeda-beda, sesuai keunikan setiap anak yang sangat penting diperhatikan
- Pentingnya upaya maksimal menggali potensi kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap anak
- Perlunya memperkuat konsep diri untuk memberi penguatan pada siswa ‘siapa dirinya’ dan potensi yang terbuka untuk dikembangkan
- Penguatan pada siswa yang akan mengampu kehidupan berbangsa di tengah interaksi global, memerlukan komitmen dan kesungguhan untuk memperbaiki secara terus menerus layanan pendidikan, untuk menghasilkan anak-anak Indonesia yang berkualitas sesuai potensi dan minat masing-masing.
- Siswa diperkuat rasa kebangsaannya melalui keunggulan bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman budaya serta tata kehidupan yang unggul, sebagai warisan bangsa yang adiluhung. Kemajuan informasi dan teknologi harus diimbangi dengan kekuatan mempertahankan kearifan lokal dan budaya bangsa yang sesungguhnya dapat menjadi diferensiasi
Value :
School Beliefs :
Ketuhanan: Iman, Islam, Ikhsan, Taqwa, Ikhlas, Tawakal, Sabar, Syukur.
Kemanusiaan: Silaturahmi, Ukhuwah, Persamaan, Adil, Husnudzon, Tawadhu, Tepat Janji, Lapang Dada, Amanah, perwira, Hemat, Dermawan
Student Character: Peduli, Komitmen, Kerjasama, Kreatif, Percaya Diri, Toleransi, Empati, Antusias, Apresiasi, Mandiri
TUJUAN DIDIRIKANNYA SMP INS atau the INS – Junior High:
- Memberikan layanan pendidikan lanjutan bagi lulusan Sekolah Dasar, sebagai wujud penuntasan belajar pada masa perubahan emosi dan penguatan konsep diri berdasar ajaran ISLAM
- Mengakomodasi kebutuhan siswa dan orang tua yang memiliki paradigma baru pendidikan, yakni pada upaya menyeimbangkan kemampuan kognitif, emosi, dan tata laku serta ketrampilan (Kognisi, Psikomotor dan Afeksi) pada ranah rasio dan rasa, jiwa dan raga
- Sekolah inklusi, yang meyakini the best school is the best process, not the best input
- Menemukan potensi bakat dan mengembangkan minat secara lebih aktual sesuai perkembangan usia pra remajaMengembangkan strategi dan metode belajar yang beragam, sesuai perbedaan gaya belajar yang berbeda-beda
- Berpartisipasi mengembangkan sekolah menengah yang secara kuantitas masih belum mencukupi dan secara kualitas belum menyentuh kepentingan siswa sebagai pribadi berkarakter
- Mendesaknya pengembangan intervensi sosial dan pendidikan khusus di masa pra-remaja yang membutuhkan pengakuan jati diri dalam kelompok (komunitas minat)
- Pentingnya upaya perubahan cara mengajar belajar di tengah arus teknologi informasi dan pergaulan di tengah laju perubahan dan perkembangan yang sangat kuat
Diferensiasi Proses di INS – Sebuah Perbandingan
Yang Umum Berlaku | Yang Seharusnya |
Pemberitahuan | Pembelajaran |
Pelatihan | Peneladanan |
Pengulangan | Pembiasaan |
Penghukuman & Pelanggaran | Pembudayaan dan Perubahan |
PROFIL LULUSAN the INS – Junior High
- Taqwa pada Allah SWT
- Berperilaku dan berkehidupan sesuai nilai-nilai ajaran Islam dan memiliki pekerti yang luhur
- Mempunyai kemampuan untuk mengenali kemampuan diri “Know Who I am, and what I Want”
- Tumbuh seimbang dan berkembang sesuai minat
- Memiliki rasa ingin tahu (curiosity) yang tinggi
- Mampu menunjukkan pemahaman yang positif
- Senang berkomunitas dan bersosialisasi di lingkungan yang majemuk
- Mampu menulis dan menyusun rencana penelitian sains, karya ilmiah dan pengembangan potensi diri sendiri sesuai minat
- Menyenangi, menghargai karya seni
- Memiliki wawasan kebangsaan, wawasan kepedulian lingkungan dan budaya
- Menciptakan iklim sosial yang mengembirakan (happiness)
Pembekalan untuk orangtua:
- Modul materi pelajaran selama satu semester
- Parenting keremajaan dan kesiapan orangtua
- Jurnal bersama, yang ditulis bersama-sama oleh siswa, guru, dan orangtua.
- Jurnal Rumah sebagai penyeimbang kemajuan teknologi gadget